Skripsi
LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa karena terlihat adanya rnbeberapa siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah dengan rumusan masalah rnbagaimana implementasi, respon guru dan siswa serta kendala – kendala yang di alami siswa rnpada saat melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap rnmotivasi belajar siswa kelas VIII-D SMPN 6 Garut. Metode yang digunakan dalamrnpenelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini siswa kelas VIIID SMPN 6 Garut dengan jumlah 32 peserta dengan jumlah yang diteliti 9 siswa dengan rnmotivasi belajar yang rendah. Hasil penelitian diperoleh implementasi bimbingan kelompok rndengan teknik sosiodrama merupakan salah satu upaya langsung untuk memfasilitasi siswa rnmengubah sikap perilaku dalam mengembangkan potensi dengan memahami secara rnmendalam suatu kondisi kelompok. Respon guru dan siswa dalam penelitian ini siswa mulai rnmemahami dan menyadari tugas yang diberikan, terjadi interaksi sosial emosional yang akrab rndengan suasana yang nyaman. Kendala – kendala yang dihadapi siswa adalah faktor internal rnyaitu perasaan malu untuk memerankan drama dan faktor eksternal yaitu pelaksaan rnsosiodrama membutuhkan jam khusus untuk pelaksanaannya, siswa merasa bosan karena rnsosiodrama sudah berulang kali diperankan.
Tidak tersedia versi lain