➤

E-Library

  • Beranda
  • Informasi
  • Profil PT
  • Pustakawan
  • Login/Daftar
    Login Anggota Daftar Online Login Admin Absen
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS-ACHIEVMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN POWTON PADA SISWA KELAS VIII B DI SMP ADVENT CIMINDI TAHUN AJARAN 2019/2020

Text

PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS-ACHIEVMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN POWTON PADA SISWA KELAS VIII B DI SMP ADVENT CIMINDI TAHUN AJARAN 2019/2020

SITI NURJANAH - Nama Orang;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Pembelajaran Menulis Teks Ulasan dengan Menggunakan Model rnStudent-Teams-Achievement Division (STAD) Berbantuan Powtoon pada Siswa Kelas rnVIII B di SMP Advent Cimindi Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilatarbelakangi rnoleh permasalahan pembelajaran saat melakukan penelitian, yaitu: 1) siswa kelas VIII B rnSMP Cimindi belum memahami cara mengulas suatu jenis karya sastra dari segi struktur rndan kaidah kebahasaan. 2) kurangnya motivasi siswa terhadap pembelajaran menulis teks rnulasan. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana rnskenario dan implementasi pembelajaran menulis teks ulasan siswa SMP kelas VIII B rnCimindi tahun ajaran 2019/2020 dengan model Student Teams-Achievement Division rn(STAD) berbantuan powtoon? (2) bagaimana respon guru dan siswa SMP kelas VIII B rnCimindi tahun ajaran 2019/2020 terhadap pembelajaran menulis teks ulasan dengan rnmenggunakan model Student Teams-Achievement Division (STAD) berbantuan powtoon? rn(3) kesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa SMP Kelas VIII B Cimindi tahun ajaran rn2019/2020 dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks ulasan?. Penelitian ini rnmenggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMPrnKelas VIII B di SMP Cimindi yang berjumlah 11 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa rnperempuan. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling berdasarkan rnbimbingan dan arahan dari guru pamong. Berkaitan dengan hal tersebut, tujuan dari rnpenelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan skenario dan implementasi pembelajaran rnmenulis teks ulasan siswa SMP kelas VIII B Cimindi tahun ajaran 2019/2020 dengan rnmodel Student Teams-Achievement Division (STAD) berbantuan powtoon. 2) rnmendeskripsikan respon guru dan siswa SMP kelas VIII B Cimindi tahun ajaran rn2019/2020 terhadap pembelajaran menulis teks ulasan dengan menggunakan model rnStudent Teams-Achievement Division (STAD) berbantuan powtoon. 3) mengetahui rnkesulitan-kesulitan yang dialami siswa SMP Kelas VIII B Cimindi tahun ajaran rn2019/2020 dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks ulasan. Teknik pengumpulan rndata dilakukan melalui studi pustaka untuk penyusunan skenario pembelajaran, observasi, rntes, dan penyebaran angket. Teknik pengolahan data dilakukan secara kualitatif. Seluruh rndata dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan Microsoft excel untukrnmendeskripsikan seberapa besar pemahaman siswa kelas VIII B SMP Cimindi terhadap rnmateri menulis teks ulasan dengan menggunakan model Student Teams-Achievement rnDivision (STAD) berbantuan powtoon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rnpembelajaran menulis teks ulasan dengan menggunakan model Student TeamsAchievement Division (STAD) berbantuan powtoon efektif digunakan di kelas VIII B rnSMP Cimindi. Hal ini dibuktikan dari: 1) lembar observasi guru dan siswa yang rnmendapatkan persentase 100%, artinya dapat dikategorikan sangat baik. 2) lembar angket rnrespon guru dan siswa juga mendapatkan persentase 100%, yang artinya dapat rndikategorikan sangat baik. (3) kesulitan yang dialami siswa SMP kelas VIII B Cimindi rndalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks ulasan terdapat pada nomor 18 soal rnpengetahuan tentang maksud dari sebuah kalimat. Siswa yang yang menjawab benar rnhanya 15 orang dan 5 orang menjawab salah. Kemudian pada soal keterampilan (Esai), rnsiswa kesulitan mengerjakan soal nomor 2 tentang sinopsis ulasan novel. Terdapat 11 rnsiswa yang masuk kategori nilai tinggi dengan skor 75, kategori nilai sedang 7 siswa rndengan skor 71,5, dan kategori nilai rendah 2 siswa dengan skor 60.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi Belum memasukkan lokasi
IKS2412640
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
400 s NUR p
Penerbit
: IKIP SILIWANGI., 2020
Deskripsi Fisik
x + 177 hlm,; 15 X 20,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
10/26/2020
Klasifikasi
400
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Publish
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
https://perpustakaan.ikipsiliwangi.ac.id/
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar


    OPAC LLDIKTI Wilayah 4
    Online Public Access Catalog

    Informasi Lainnya


    Website LLDIKTI Wilayah 4 Informasi Perpustakaan Login Anggota OJS LLDIKTI 4 Pustakawan

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Statistik Pengunjung Web

Seluruh: 2180941

© 2023 — Perpustakaan LLDIKTI Wilayah 4

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Buku
  • Jurnal
  • Majalah
  • Prosiding
  • Skripsi
  • Browse By Color
  • Coming Soon
Icons made by Freepik
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?