Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI DENGANMENGGUNAKAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS X DI SMK CENDEKIA BATUJAJAR
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks biografi siswa SMK kelas X dengan menggunakan metode example non example berbantuan media audiovisual? 2) Bagaimana respon guru dan siswa SMK kelas X terhadap pembelajaran menulis teks biografi dengan menggunakan metode example non example berbantuan media audiovisual? 3) Kesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa SMK kelas X dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks biografi? Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks biografi siswa SMK kelas X dengan menggunakan metode example non example berbantuan media audiovisual. 2) Mengetahui respon guru dan siswa SMK kelas X terhadap pembelajaran menulis teks biografi dengan menggunakan metode example non example berbantuan media audiovisual. 3) Mengetahui kesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa SMK kelas X dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks biografi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP 3. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif serta teknik pengumpulan data menggunakan RPP, lembar observasi, tes dan angket. Berdasarkan analisis dan pembahasan yang diperoleh, hasil skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks biografi dengan menggunakan metode example non example berbantuan media audiovisual dilaksanakan dengan baik. Hasil respon guru dan siswa terhadap pembelajaran menulis teks biografi dengan menggunakan metode example non example berbantuan media audiovisual membuat pembelajaran menulis teks biografi menjadi efektif. Kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan tugas menulis teks biografi, siswa mengalami kesulitan dalam memperhatikan struktur dan isi. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode example non example berbantuan media audiovisual efektif diterapkan pada pembelajaran menulis teks biografi pada siswa kelas X di SMK Cendekia Batujajar.
Tidak tersedia versi lain