Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS POWTOON PADA SISWA KELAS X DI SMK SANGKURIANG 1 PADA TAHUN AJARAN 2019/2020
Sabiah, S.N (2020. Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi dengan Menggunakan Metode rnProblem Based Learning Berbasis Powtoon Pada Siswa Kelas X Smk 1 Sangkuriang rnTahun Ajaran 2019/2020. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah rn1) Bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks negosiasi rndengan menggunakan metode Problem Based Learning berbasis Powtoon pada rnsiswa kelas X di SMK 1 Sangkuriang ? 2)Bagaimana respon guru dan siswa SMK rnkelas X terhadap pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan rnmetode Problem Based Learning berbasis Powtoon ? 2) Kesulitan-kesulitan apa rnyang dialami siswa SMK kelas X dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks rnnegosiasi?. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Ketika rnpenelitian ini berlangsung, aktivitas peserta didik diamati oleh observer dan rnberjalan sudah hampir baik. Hal ini dibuktikan dari lembar observasi siswa yang rnmenggunakan metode Problem Based Learning mendapatkan hasil 97 dari hasil rnpengamatan 2 observer. Berkaitan dengan hal tersebut bahwa tujuan dari penelitian rnadalah untuk mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran, respon guru dan rnsiswa, dan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa. Respon guru dan siswa rnmenunjukkan respon positif, dengan hasil angket guru mencapai persentase 80% rndan angket respon siswa mencapai persentase 94%. Sampel dari penelitian ini yaitu rn30 siswa, dari jumlah semua siswa terdapat 23 siswa yang memperoleh nilai yang rntuntas melebihi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sedangkan 7 siswa lainnya rntidak tuntas, maka dapat disimpulkan 77% siswa yang memperoleh ketuntasan rndengan nilai rata-rata 77,1. Untuk mendapatkan hasil tersebut peneliti membuat rnsoal pengetahuan dan keterampilan dan dikerjakan oleh siswa diakhir pertemuan. rnPada aspek pengetahuan kesulitan yang dialami siswa dalam kebahasaan, siswa rnsulit membedakan antara kebahasaan dan struktur. Sedangkan pada aspek rnketerampilan kesulitan yang dialami siswa terjadi pada aspek struktur teks negosiasi, rnartinya siswa belum sempurna dalam menulis teks negosiasi sesuai dengan struktur rndan kaidah kebahasaan yang berlaku.
Tidak tersedia versi lain