Text
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VIII SMP PASUNDAN 1 CIMAHI
Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana implementasi dan skenario pembelajaran menulis teks persuasi pada siswa SMP Pasundan 1 Cimahi Kelas VIII dengan menggunakan model pembelajaran window shopping berbantuan multimedia Interaktif? 2) Bagaimana respons guru dan siswa SMP Pasundan 1 Cimahi Kelas VIII dengan menggunakan model pembelajaran window shopping berbantuan multimedia Interaktif? 3) Kesulitan-kesulitan apa yang dialami oleh siswa SMP Pasundan 1 Cimahi Kelas VIII dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks persuasi? Sesuai dengan rumusan masalah penelitian tersebut, penelitian ini bertujuan, 1) Mengetahui keefektifan dalam skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks teks persuasi siswa SMP Pasundan 1 Cimahi Kelas VIII menggunakan model pembelajaran window shopping berbantuan multimedia Interaktif 2) Respon guru dan siswa SMP Pasundan 1 Cimahi Kelas VIII terhadap pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran window shopping berbantuan multimedia Interaktif 3) Kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks persuasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tes, lembar observasi, penyusunan skenario pembelajaran dan penyebaran angket. Tes yang digunakan dalam penelitian, yaitu tes pengetahuan dan tes keterampilan menulis teks persuasi. Penelitian ini penulis menggunakan populasi siswa kelas VIII F yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran window shopping berbantuan multimedia Interaktif, siswa sangat baik mengikuti proses pembelajaran menulis teks persuasi dengan presentase 99%. Respon guru dan siswa terhadap pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran window shopping berbantuan multimedia Interaktif sangat baik siswa mengikuti proses pembelajaran menulis tek persuasi dengan presentase 89%. Terdapat kesulitan-kesulitan yang dialami siswa, yaitu kebahasaan dan penggunaan ejaan dalam menulis teks persuai. Dengan demikian, model pembelajaran window shopping sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran menulis teks persuasi dengan berbantuan Multimedia Interaktif.
Tidak tersedia versi lain