Text
Pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan pendekatan konetsktual berbantuan media audio bagi siswa tunanetra kelas X di SLBN-a Citereup Cimahi
Pembelajaran Menulis Puisi dengan Menggunakan Pendekatan rnKontekstual Berbantuan Media Audio bagi Siswa Tunanetra Kelas X di SLBN-ArnCiteureup Cimahiâ€. Pembelajaran menulis puisi merupakan suatu pembelajaran menulis rnkreatif karena menuntut siswa untuk terampil menuangkan kata-kata indah pilihannya ke rndalam bentuk tulisan yang bernama puisi. Berdasarkan temuan peneliti di lapangan, rndiketahui bahwa pembelajaran menulis puisi siswa di SLBN-A Citeureup Cimahi saat ini rnmasih menghadapi kendala. Ada beberapa siswa yang masih belum dapat membedakan rnantara puisi dengan prosa fiksi, padahal kedua hal tersebut jauh berbeda. Hal tersebut rndiakibatkan karena kurangnya motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran tersebut dan rnjuga masih monotonnya pola ajar yang dilakukan oleh guru di sekolah. Berdasarkan hal rntersebut, maka dilakukanlah penelitian pada pembelajaran menulis puisi dengan rnmenggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media audio. Pendekatan kontekstual rnadalah suatu pendekatan pembelajaran yang berusaha mengaitkan kehidupan nyata siswa rndengan konten atau materi pelajaran yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk rnmendeskripsikan (1) Skenario pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan rnpendekatan kontekstual, berbantuan media audio, (2) respon siswa dan guru terhadap rnpembelajaran menulis puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan rnmedia audio, dan (3) kesulitan yang dialami oleh siswa ketika menyelesaikan tugas dalam rnpembelajaran menulis puisi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptiff kualitatif rndengan subjek penelitiannya adalah siswa tunanetra kelas X di SLBN-A Citeureup rnCimahi. Pengumpulan data dalam kegiatan penelitian ini adalah dengan cara tes dan non rntes. Hasil dari teknik tes adalah puisi karya siswa, dan teknik non tes adalah lembar rnangket, lembar observasi, dan dokumentasi foto. Berdasarkan hasil analisis data maka rndapat disimpulkan bahwa (1) Hasil implementasi dari pembelajaran menulis puisi dengan rnmenggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media audio bagi siswa tunanetra di rnSLBN-A Citeureup adalah baik, hal ini dapat terlihat dari kemampuan siswa dalam rnmenulis puisi, mengerjakan soal latihan yang diberikan, dan dapat bekerja sama rnsesamanya, serta sekaligus melatih mereka untuk berpikir kritis. (2) Respon guru dan rnsiswa pada pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual rnberbantuan media audio bagi siswa tunanetra di SLBN-A Citeureup adalah baik, yaitu rnsiswa setuju bahwa pendekatan kontekstual berbantuan media audio dapat membantu rnmereka dalam menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya. Begitu pun rndengan guru yang memberikan pendapat yang sama, yaitu setuju bahwa pendekatanrnkontekstual beerbantuan media audio dapat membantu dan mempermudah siswa dalam rnmempelajari materi serta dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi. rn(3) Kesulitan siswa dalam mengerjakan soal latihan adalah terdapat pada soal nomor 8 rndan 10, sedangkan untuk soal yang berjenis uraian dan keterampilan kesulitan yang rndialami siswa adalah memilih diksi untuk menguraikan jawaban pada pertanyaan di soal rnesai.
Tidak tersedia versi lain