Text
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA SISWA SMA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPTS BERBANTUAN MEDIA GAMBAR
Berdasarkan hasil observasi yang telah peneliti lakukan di SMA Negeri 1 Cipatat dalam pembelajaran menulis teks biografi masih menggunakan metode ceramah (kovensional) dan media yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah media papan tulis, media gambar. Siswa menjadi kurang aktif dan cenderung lebih banyak menunggu informasi yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, penelitian ini penulis mengarahkan untuk memproduksi dan menumbuhkan kreativitas menulis teks biografi siswa dengan menggunakan model cooperative scripts berbantuan media gambar. Rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks biografi pada siswa kelas X dengan menggunakan model cooperative scripts berbantuan media gambar? 2) Bagaimana respon guru dan siswa kelas X terhadap pembelajaran menulis teks biografi dengan menggunakan model cooperative scripts berbantuan media gambar? 3) Kesulitan-kesuliatan apa yang dialami siswa kelas X dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis biografi? Penelitian ini menggunakan metode deskripif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan upaya yang telah dilakukan guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran. Data-data diperoleh adalah lembar observasi, angket dan lembar tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model cooperative scripts berbantuan media gambar memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami materi pelajaran dilihat dari hasil observasi dengan keterangan sangat baik. Kemudian berdasarkan hasil analisis angket respon menyatakan hampir keseluruhan sangat setuju pembelajaran menulis teks biografi menggunakan model cooperative scripts berbantuan media gambar sangat mudah dipelajari. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative scripts berbantuan media gambar dalam pembelajaran menulis teks biografi di SMA Negeri 1 Cipatat sangat efektif.
Tidak tersedia versi lain