Text
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE BERBASIS KARAKTER PADA SISWA KELAS VIII MTS AL-INAYAH BANDUNG
Penelitian ini didasarkan pada pembelajaran menulis bukan hal yang mudah bagi sebagian siswa. Dengan adanya model dan media pembelajaran inovatif dapat menunjang keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti menemukan masalah sebagai berikut. 1) Bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran teks persuasi menggunakan model example non example berbasis karakter pada siswa kelas VIII? 2) Bagaimana respon guru dan siswa kelas VIII terhadap pembelajaran menulis teks persuasi menggunakan model example non example berbasis karakter? 3) Kesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa kelas VIII dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks persuasi. Tujuan penelitian ini untuk menyusun skenario dan implementasi dan penggunaan metode pembelajaran, tanggapan dari guru maupun siswa terhadap pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan model example non example berbasis karakter, dan mengetahui kesulitan-kesulitan dalam menyelesaikan tugastugasnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggambarkan rancangan serta tanggapan dan kesulitan yang ditemukan saat pembelajaran. Subjek penelitian ini, siswa kelas VIII B MTs Al-Inayah Bandung. Berdasarkan analisis dan pembahasan yang diperoleh, menunjukkan bahwa skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks persuasi dan model example non example berbasis karakter berjalan sebagaimana mestinya tanpa adanya hambatan, hal ini dibuktikan dengan perolahan hasil lembar hasil observasi guru sebanyak 88% dan hasil lembar observasi siswa sebanyak 85% atau kategori sangat tinggi. Adapun respon guru memiliki persentase 85% atau sangat tinggi, dan respon siswa sebanyak 80,82% atau tinggi. Adapun kesulitankesulitan terdapat pada soal pilihan ganda nomor (15) kaidah kebahasaan yaitu himbauan dengan persentase 45,75%. Selain itu, soal kesulitan esai dalam menulis teks persuasi terdapat pada aspek kaidah kebahasaan dengan perolehan nilai 650 dengan rata-rata 50,78%
Tidak tersedia versi lain