MODUL
Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu kegiatan inti dalam proses belajar mengajar. Kegiatan ini dilakukan untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan sebelumnya. Pada dasarnya evaluasi menjadi kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan karena berkenaan dengan penilaian keberhasilan hasil belajar. Dalam praktiknya, evaluasi tidak dapat dilakukan begitu saja tanpa memenuhi prosedur dan prinsip yang seharusnya. Hal ini penting untuk diperhatikan karena proses evaluasi sangat menentukan hasil capaian belajar. Buku evaluasi pembelajaran ini disusun untuk menguraikan segala yang berhubungan dengan evaluasi pembelajaran, khususnya dalam bidang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, mulai dari konsep evaluasi pembelajaran; prinsip, jenis, teknik, dan proses evaluasi; alat evaluasi tes untuk menyimak, berbicara, membaca, dan menulis; alat evaluasi nontes, penilaian acuan normatif (PAN) dan penilaian acuan patokan (PAP); hingga validitas dan reliabilitas soal. Berangkat dari modul Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, buku ini disempurnakan untuk dapat menunjang kebutuhan para calon guru, para guru, dan para praktisi pendidikan dalam mempelajari, mengkaji, dan menyiapkan evaluasi pembelajaran
Tidak tersedia versi lain