Skripsi
PENERAPAN PEMBELAJARAN SAINS MENGENAL RASA MELALUI MEDIA BUMBU DAPUR PADA ANAK KELOMPOK B KOBER AL-IHSAN
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya penerapan pembelajaranrnsains kemampuan mengenal rasa pada anak usia dini sebelum dan sesudahrnmenggunakan penerapan media bumbu dapur pada anak kelompok B Kober AlIhsan Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut. Penelitian ini termasuk kedalamrnpenelitian eksperimen. Berdasarkan banyak desain dalam penelitian eksperimenrnmaka peneliti ingin menggunakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuanrnuntuk melihat pengaruh terhadap pembelajaran dikelas dengan cara memberikanrnperlakuan-perlakuan tertentu pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrolrntidak diberikan perlakuan. Peneliti mengambil sampel sebanyak 24 anak yaiturnanak perempuan 14 (empat belas) orang dan anak laki-laki 10 (sepuluh) orang.rnHasil penelitian sebelum pembelajaran sains menggunakan media bumbu dapur,rnkemampuan mengenal rasa anak usia dini kelompok B Kober Al-Ihsan belumrnbanyak mengetahui mengenal rasa melalui bumbu dapur. Hasil penilaianrnketerampilan Sains mengenal rasa terhadap anak pada kedua kelas menunjukkanrnbahwa dari dua hasil data kelas eksperimen dan kontrol tersebut, dapatrndisimpulkan bahwa kelas eksperimen dalam kategori Berkembang Sesuai Harapanrn(BSH). Sementara itu, kelas kontrol 20% berada dalam kategori MulairnBerkembang (MB), dan 80% Berkembang Sesuai Harapan (BSH). modelrnpembelajaran dengan media bumbu dapat meningkatkan kemampuan sainsrnpengenalan rasa pada siswa di kelas eksperimen.
Tidak tersedia versi lain