Tesis
Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Serta Self Efficacy Matematik Siswa SMK Melalui Pembelajaran Berbasis MasalahÂ
abstrakrnrnPenelitian ini merupakan studi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi serta self efficacy matematik siswa SMK dengan pembelajaran berbasis masalah. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok kontrol pretes - postes dengan kuasi eksperimen. Pengambilan populasi siswa adalah salah satu SMK Negeri di kota Garut dan sampel kelas XI sebanyak dua kelas. Pada desain ini pula, peneliti mengelompokkan secara tidak acak (purposive sampling), satu kelompok dijadikan kelompok eksperimen dan satu kelompok lagi dijadikan kelompok kontrol. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes matematika bentuk uraian yang terdiri atas tes pemahaman matematik, tes komunikasi matematik, dan skala sikap untuk mengukur self efficacy matematik siswa. Untuk data hasil pretes, postes dan skor gain ternormalisasi menggunakan analisis data kuantitatif sedangkan untuk skala sikap self eficacy matematik menggunakan analisis data kualitatif. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik siswa yang mendapatkan pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; 2) pencapaian self eficacy matematik siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional; 3) terdapat asosiasi yang tinggi antara kemampuan pemahaman, komunikasi, dan self eficacy matematik siswa yang mendapatkan pembelajaran berbasis masalah.rnrn rnrnkata kunci: kemampuan pemahaman matematik, kemampuan komunikasi matematik, self eficacy matematik, Pembelajaran Berbasis Masalah.
Tidak tersedia versi lain