PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PEN PADA SISWA KELAS VIII MTS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FAKULTAS PENDIDIKAN INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN SILIWANGI KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DEKATAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA GAMBAR SERI NEGERI KOTACIMAHI TAHUN AJARAN 2017/2018
Widiastuti, N. (2018): Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks EksplanasirnMenggunakan Pendekatan Berbasis Masalah dengan Media Gambar Seri PadarnKelas VIII di MTS Negeri Kota Cimahi Tahun Ajaran 2017-2018.rnPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi pendekatanrnperbandingan berbasis masalah dan gambar seri, (2) perbandingan hasilrnpembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan pendekatanrnpembelajaran berbasis masalah (PBM) dan gambar seri pada kelas eksperimenrndan dengan metode konvensional (ceramah) pada kelas kontrol, (3) sertarnmengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam menulis teksrneksplanasi di MTS Negeri Kota Cimahi tahun ajaran 2017/2018.rnPenelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan kelasrneksperimen menggunakan PBM dan gambar seri, kelas kontrol menggunakanrnmetode konvensional (ceramah). Subjek yang terdapat pada masing-masing kelasrnsebanyak 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan padarnpenelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi proses pembelajaran.rnData yang diperoleh dari implementasi pendekatan berbasis masalah danrngambar seri pada pelaksanaan observasi aktivitas guru adalah 3,85 dan padarnaktivitas siswa diperoleh rata-rata 3,84. Selain itu dalam penelitian ini jugarnmenunjukkan selisih rata-rata (posttest-pretest) kelas eksperimen (59,90) lebihrnbesar daripada kelas kontrol (44,20). Pembelajaran menulis teks eksplanasirndengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBM) danrngambar seri lebih efektif dibandingkan menggunakan metode konvensionalrn(ceramah).Tetapi masih ada kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaranrnmenulis teks eksplanasi, yaitu siswa masih sulit mengembangkan suatu topikrndalam menulis teks.Siswa juga belum mahir dalam memilih kata danrnmenempatkan tanda baca serta ejaan.
Tidak tersedia versi lain