Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP PATARUMAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TAHUN AJARAN 2019/2020
Ulman, S. 2020. “Pembelajaran Menulis Teks Drama pada Siswa KelasrnVIII-C SMP Pataruman dengan Menggunakan Model Student TeamsrnAchievement Division (STAD) Berbantuan Media Power Point Tahun Ajaranrn2019/2020â€. Kemampuan menulis merupakan salah satu keterampilan yangrnharus dimiliki setiap siswa pada kurikulum yang berlaku saat ini. Menulisrndianggap sebagai salah satu keterampilan yang sulit diaplikasikan oleh siswa,rnkarena setiap siswa harus memerlukan ide serta gagasan. Oleh karena itu,rnguru harus mempersiapkan model ataupun metode pembelajaran yang tepatrnuntuk meningkatkan kemampuan menulis siswa, salah satunya yaitu modelrnstudent teams achievement division (STAD) berbatuan media power point.rnMelalui model STAD ini siswa dapat bertukar pikiran, bertukar pendapat,rnserta melalui kuis yang diberikan siswa dapat mengingat tentang pelajaranrnyang sedang dipelajari. Kemudian, media power point yang digunakan akanrnmembantu guru dalam menyajikan materi teks drama, sehingga guru tidakrnmerasa kesulitan ketika menyajikan materi dan contoh-contoh teks drama.rnPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan skenario, implementasi,rnrespon guru terhadap pembelajaran menulis teks drama, serta kesulitankesulitan siswa dalam menyeselesaikan soal dan menulis teks drama. Subjekrndalam penelitian ini merupakan siswa SMP Pataruman kelas VIII-C yangrnberjumlah 23 Orang. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian inirnyaitu dengan menggunakan lembar observasi, angket, dan tes. Hasilrnimplementasi skenario kegiatan guru dan siswa mendapatkan nilai sangatrnbaik untuk guru dengan persentase 94,01%, dan baik untuk siswa denganrnpersentase nilai 85,67%. Kemudian, Respon guru dan siswa rata-rata hasilrnpresentase untuk pernyataan positif dan negatif angket guru mencapai 80%rndengan kriteria sangat baik, sedangkan rata-rata hasil presentase pernyataanrnpositif dan negatif siswa mencapai 64,7% dengan kriteria baik. Selanjutnya,rnuntuk kesulitan-kesulitan siswa dalam menulis teks drama terjadi karenarnsiswa belum terlalu paham terhadap struktur salah satunya bagian prolog,rndialog (komplikasi dan resolusi), serta epilog. Selain struktur, siswa jugarnmengalami kesulitan dibagian kaidah kebahasaan bagian kalimat tanya,rnkalimat seru, dan kata ganti.
Tidak tersedia versi lain