Skripsi
PEMBELAJARAN SAINS MELALUI PENDEKATAN EKSPLORASI LINGKUNGAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI
Kemampuan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan anak usia dini yangrnmemiliki peranan penting, yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran sains denganrnmemanfaatkan lingkungan alam sekitar dengan menggunakan pendekatan eksplorasi,rndimana anak dapat melakukan penjelajahan terhadap keadaan lingkungan sekitar untukrnmemenuhi rasa keingintahuannya yang sangat tinggi, selain itu peneliti juga melihatrnkondisi lingkungan sekitar TK Adzikra cukup menunjang untuk melakukan pembelajaranrnsains, melihat hal tersebut peneliti sangat tertarik untuk melakukan kegiatan pembelajaranrnsains dengan menggunakan media alam yang sudah tersedia dan belum dimaksimalkanrnoleh pendidik TK Adzikra. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatanrnkualitatif dengan metode deskriftif yang dilakukan dengan menggunakan teknik observasirnlapangan dan wawancara dengan sampel penelitian sebanyak 14 orang siswa. Tujuanrnpenelitian dengan menggunakan metode tersebut yaitu untuk mendapatkan gambaran datarntentang peningkatan kemampuan kognitif anak melalui pembelajaran sains denganrnpendekatan eksplorasi lingkungan alam. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti yaiturnadanya peningkatan kemampuan kognitif anak yang signifikan dibandingkan denganrnkondisi awal yang cenderung masih kurang. Dalam proses penerapan pembelajaran sainsrnmenunjukan adanya kesungguhan anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sainsrntersebut, sehingga pada hasil penelitian indikator-indikator dalam kemampuan kognitifrndapat tercapai. Melihat hasil tersebut, maka alangkah baiknya jika para pendidikrnmenggunakan pembelajaran sains sebagai salah satu pembelajaran untuk meningkatkanrnkemampuan kognitif anak.
Tidak tersedia versi lain