Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS SURAT PRIBADI MENGGUNAKAN METODE MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN BERBANTUAN MEDIA FOTO PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 2 PASAWAHAN TAHUN AJARAN 2019/2020
Mardiana, M. 2020: Penelitian ini mempunyai latar belakang siswa yang memiliki kendalarnatau kesulitan dalam keterampilan menulis, seperti kurangnya pemahaman penggunaan EYD yangrntepat, sulitnya merangkai kata menjadi kalimat, dan sulitnya mengembangkan ide. Sehinggarnpenelitian ini mempunyai rumusan masalah bagaimana skenario dan implementasi pembelajaranrnmenulis teks surat pribadi siswa SMPN 2 Pasawahan kelas VII dengan menggunakan metodernmeaningful instructional design berbantuan media foto, bagaimana respon guru dan siswa SMPNrn2 Pasawahan kelas VII terhadap pembelajaran menulis teks surat pribadi dengan menggunakanrnmetode meaningful instructional design berbantuan media foto, dan kesulitan-kesulitan apa yangrndialami siswa SMPN 2 Pasawahan kelas VII dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks suratrnpribadi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskripsi Kualitatif.rnPenelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Pasawahan, sedangkan kelas yang diuji adalah 26 siswarnkelas VIIB. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian ini menujukan adanyarnpeningkatan keterampilan menulis teks surat pribadi menggunakan sekenario pembelajaranrndengan metode meaningful instructional design berbantuan media foto. Hasil angket respon gururndan siswa terhadap pembelajaran menulis teks surat pribadi menggunakan metode meaningfulrninstructional design berbantuan media maka diperoleh kesimpulan bahwa respon yang dihasilkanrndengan interpretasi BAIK pada setiap angket dengan jumlah skor 3, 34 untuk angket siswa dan 3,8rnuntuk angket guru. Nilai yang diperoleh siswa sudah termaksud kategori 18 siswa dengan kategorirnsangat baik, 7 siswa dengan kategori baik, dan 1 siswa dengan kategori cukup dengan rata-ratarnnilai yang diperoleh adalah 88. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh padarnpembelajaran menulis teks surat pribadi menggunakan metode meaningful instructional designrnberbantuan media foto.
Tidak tersedia versi lain