Skripsi
PENDEKATAN BERMAIN PERAN MAKRO DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL KELOMPOK B USIA 5 – 6 TAHUN
Tuti Kartika (2020): “Pendekatan Bermain Peran Makro Dalam MeningkatkanrnPerkembangan Sosial Emosional Kelompok B Usia 5-6 Tahunâ€. Kemampuan sosialrnemosional perlu dikembangkan semenjak anak-anak. Ini didasari fakta bahwa agenrnperubahan di masyarakat umumnya orang dengan kemampuan sosial emosional yang bagus.rnDari pengamatan awal didapat indikasi kemampuan sosial emosional anak-anak relatifrnrendah. Mereka umumnya lebih berorientasi kepada kepentingan sendiri ( egois). Perlurnadanya pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan karakter mereka, namun dapatrnmemberikan pembelajaran bagi peningkatan kemampuan sosial emosional. Salah satunyarnadalah bermain peran makro (role play) yaitu anak-anak berperan menjadi seseorang dalamrnkegiatan yang menggambarkan aktifitas sehari-hari di masyarakat. Bermain peran merupakanrngabungan bermain dan belajar. Adapun maksud penelitian ingin mengetahui sejauhmanarnpendekatan bermain peran makro dapat meningkatkan perkembangan kemampuan sosialrnemosional anak. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitianrnKelompok B usia 5-6 tahun, Kober Nuri, Mandalajati, Bandung sebanyak 18 anak. Teknikrnpengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data kemudianrndiolah dan dianalisis. Dari pengolahan dan analisa data didapat bahwa pendekatan bermainrnperan makro dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak meskipun masih kurangrnoptimal karena adanya kendala dalam proses persiapan maupun pelaksanaannya.
Tidak tersedia versi lain