Skripsi
PERMAINAN PANCING IKAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A
Penelitian ini dilaksanakan di Kober Al-Amin Tarogong Kidul Garut denganrnvariabel penelitian meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melaluirnpermainan pancing ikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahuirnmelalui permainan pancing ikan dapat meningkatkan kemampuan berhitungrndibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran biasa dan mengetahuirnimplementasi kegiatan permainan pancing ikan. Metode yang digunakan adalahrnmetode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control design. Hasil darirnanalisis dan pembahasan dituangkan secara deskriptif. Penelitian dilakukan padarnanak kelompok A dengan jumlah 10 anak dengan 5 anak kelas eksperimen dan 5rnanak kelas kontrol. Hasil penelitian kemudian menunjukkan bahwa kelasrneksperimen dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 100%.rnSementara itu 20 % kelas kontrol dalam kategori Mulai Berkembang (MB), danrn80% dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Dapat disimpulkanrnbahwa meski kedua kelas mengalami peningkatan. Akan tetapi permainan pancingrnikan pada kelas eksperimen lebih banyak berpengaruh pada kemampuan berhitungrnanak dibandingkan dengan pembelajaran biasa pada kelas kontrol. Saran untukrnpendidik anak usia dini yaitu guru sebaiknya memberikan permainan yangrnmenarik dan menyenangkan bagi anak dalam meningkatkan kemampuanrnberhitung. Salah satu kegiatan yang dapat digunakan yaitu dengan melaluirnpermainan pancing angka karena dengan metode ini dapat berpengaruh dalamrnmeningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini.
Tidak tersedia versi lain