Skripsi
PENERAPAN KEGIATAN MERONCE ANAK USIA DINI KELOMPOK A UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kegiatan meronce dapatrnmeningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia dini kelompok A KoberrnBustanulwildan dibandingkan dengan pembelajaran biasa dan gambaranrnimplementasi kinerja siswa pada saat penerapan kegiatan meronce serta faktorrnpendukung dan penghambat penerapan kegiatan meronce dalam meningkatkanrnberpikir logis anak usia dini kelompok A Kober Bustanulwildan. Penelitian inirntermasuk kedalam penelitian eksperimen. Berdasarkan banyak desain dalamrnpenelitian eksperimen maka peneliti ingin menggunakan penelitian quasirneksperimen yang bertujuan untuk melihat pengaruh terhadap pembelajaran dikelasrndengan cara memberikan perlakuan-perlakuan tertentu pada kelas eksperimenrnsedangkan pada kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Peneliti mengambilrnsampel sebanyak 10 anak usia dini kelompok A yaitu 5 anak kelas eksperimen danrn5 anak kelas kontrol. Dari dua hasil data kelas eksperimen dalam kategorirnBerkembang Sesuai Harapan (BSH). 100%. Sementara itu 20% anak kelasrneksperimen dalam kategori Mulai Berkembang (MB), dan 80% dalam kategorirnBerkembang Sesuai Harapan (BSH). Dapat disimpulkan meski kedua kelasrnmengalami peningkatan. Akan tetapi, metode meronce pada kelas eksperimenrnlebih banyak berpengaruh pada kemampuan berpikir logis anak dibandingkanrndengan pembelajaran biasa pada kelas kontrol. Dengan adanya media meroncerndapat membantu kebutuhan anak dalam pembelajaran meronce untuk melatihrnkemampuan klasifikasi bentuk anak dan motorik halus anak. Media meroncernmasih sangat kurang karena media disekolah tidak terlalu banyak. Dan kurangnyarnalternatif dari guru dalam pembuatan media dari bahan yang lain
Tidak tersedia versi lain