Skripsi
UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA SISWA KELOMPOK B TK BINA MANDIRI MELALUI PERMAINAN BENTUK GEOMETRIK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif anakrnkelompok B TK Bina Mandiri yang menggunakan permainan bentuk geometrikrnlebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran biasa danrnkinerja siswa pada saat implementasi kegiatan permainan bentuk geometrik padarnanak kelompok B. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen.rnBerdasarkan banyak desain dalam penelitian eksperimen maka peneliti inginrnmenggunakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk melihat pengaruhrnterhadap pembelajaran dikelas dengan cara memberikan perlakuan-perlakuanrntertentu pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol tidak diberikanrnperlakuan. Peneliti mengambil sampel sebanyak 30 anak yaitu kelas eksperimenrn15 (lima belas) anak dan kelas kontrol 15 (lima belas) anak. Dari dua hasil datarnkelas eksperimen dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Sementararnitu, kelas kontrol 30% berada dalam kategori Mulai Berkembang (MB), dan 70%rnBerkembang Sesuai Harapan (BSH). Dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimenrnyang menggunakan permainan bentuk geometrik lebih baik dari pada kelasrnkontrol yang menggunkan pembelajaran biasa. Kegiatan permainan menyusunrnbentuk geometrik ini dapat mengembangkan perkembangan kognitif anak usiarndini, khususnya anak kelompok B TK Bina Mandiri Banyuresmi Garut.
Tidak tersedia versi lain