Skripsi
PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL BANCAKAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A PAUD MUTIARA
Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang rendahnya kemampuan kognitif anak usia dini pada kelompok A Paud Mutiara Desa Haurpanggung Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan kognitif anak yang pembelajarannya menggunakan penerapan Permainan Tradisional Bancakan lebih baik daripadarnkemampuan kognitif yang dilaksanakan dengan pembelajaran biasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan kontrol. Populasirndalam penelitian ini seluruh anak kelompok A Paud Mutiara Desa Haurpanggung Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Dengan sampel yaitu Kelompok Arn(Satu) sebagai kelas eksperimen dan Kelompok A (Dua) sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran penerapan permainanrntradisional bancakan sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran dan media biasa. Data penelitian diperoleh melalui instrumen berupa test pretes danrnpostes kemampuan kognitif anak. Data pretes diolah melalui data uji normalitas, dan dilanjutkan uji Mann-Whitney, sedangkan data postes diolah melalui data ujirnnormalitas, dan dilanjutkan uji homogenitas, uji perbedaan dua rata-rata menggunakan software IBM Statistik SPSS 25.0. Hasil penelitian ditujukan bahwa kemampuan kognitif anak di Paud Mutiara Desa HaurpanggungrnKecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut yang menggunakan penerapan media pembelajaran penerpan permainan tradisional bancakan lebih baik dari pada yang menggunakan pembelajaran media biasa.
Tidak tersedia versi lain