Skripsi
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH ANAK USIA DINI DENGAN METODE DEMONSTRASI MENGUNAKAN KERTAS ORIGAMI PADA KELOMPOK B DI PAUD KASIH IBU
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis melalui pembelajaran dengan menggunakan kertas origami dan metode demonstrasi dapat memecahkan masalah anak dibandingkan dengan pembelajaran biasa, mengetahui gambaran implementasi kinerja anak kelompok B PAUD Kasih Ibu dalam menggunakan kertas origami dengan metode demontrasi. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen. Berdasarkan banyak desain dalam penelitian eksperimen maka peneliti ingin menggunakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk melihat pengaruh terhadap pembelajaran dikelas dengan cara memberikanrnperlakuan-perlakuan tertentu pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Peneliti mengambil sampel sebanyak 30 anak yaiturnKelas B1 15 anak sebagai kelas eksperimen dan Kelas B2 15 Anak sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa meski kedua kelas mengalamirnpeningkatan, metode demonstrasi banyak berpengaruh pada kemampuan kognitif dibandingkan dengan pembelajaran biasa. Dari dua hasil data kelas eksperimenrndan kontrol dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Sementara itu, kelas kontrol 30% beradarndalam kategori Mulai Berkembang (MB), dan 70% Berkembang Sesuai Harapan (BSH)
Tidak tersedia versi lain