Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS X DI SMAS BUNGA BANGSA BANDUNG TAHUN AJARAN 2019/2020
H. Sulistiono, 2020, “Pembelajaran Menulis Teks Puisi Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Hypnoteaching Berbantuan Media Audio Pada Siswa Kelas X Di SMAS Bunga Bangsa Bandung Tahun Ajaran 2019/2020â€. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di dalam proses pembelajaran menulis teks puisi di kelas X-MIA Bunga Bangsa Bandung. Permasalahan tersebut yaitu rendahnya minat siswa untuk menulis serta siswa mengalami kesulitan saat menuangkan ide untuk menulis suatu teks puisi. Rumusan masalah dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga, yaitu bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran, bagaimana respon guru dan siswa, kesulitan-kesulitan apa yang di alami siswa saat menulis teks puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X-MIA SMAS Bunga Bangsa Bandung. Berikut adalah hasil penelitian yang telah dilaksanakan. Berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran guru mampu melaksanakan seluruh skenario pembelajaran dengan presentase 50% pada kategori cukup sedangkan hasil lembar observasi aktivitas siswa yang mampu mengikuti pembelajaran sesuai perintah dengan kategori baik sebanyak 6,25%. Respon yang diberikan guru menyatakan setuju bahwa metode pembelajaran yang digunakan membantu siswa lebih aktif untuk belajar dengan persentase 50% pada kategori setuju, sedangan respon siswa menyatakan setuju bahwa model pembelajaran yang digunakan guru dapat menarik minat dan membantu siswa dengan presentase 37,39%. Hasil analisis kesulitan siswa terdapat pada aspek penilaian diksi karena rnmemiliki prolehan skor terkecil beradasarkan grafik aspek penilian denga memperoleh skor 45 point dari seluruh siswa.
Tidak tersedia versi lain