Tesis
Penerapan pendekatan induktif untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematik serta habits of mind siswa SMK berdasarkan tahap kognitifnya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan kemampuan penalaran (KPM) dan pemecahan masalah matematik (KPMM) serta Habits oh Mind (HoM) siswa SMK berdasarkan tahap kognitif melalui pendekatan induktif (PI). Penelitian ini merupakan penelitian kuasi esperimen dengan desain kelompok non-ekuivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Swasta di Kabupaten Bekasi, dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak dua kelas dari salah satu SMK di Kabupaten Bekasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini berupa seperangkat tes berbentuk uraian untuk KPM, KPMP dan tahap kognitif serta instrumen non tes dalam bentuk sekala sikap HoM. Teknik pengolahan data dilakukan menggunakan anova dua jalur. Berdasarkan pengolahan data didapat, Hasil penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan pencapaian: ditinjau berdasarkan model pembelajaran dan tingkat kognitif peningkatan KPM dan KPMP siswa yang pembelajaranya mendapatkan pendekatan induktif lebih baik daripada yang mendapatkan pembelajaran biasa, HoM secara keseluruhan yang pembelajaranya menggunakan pendekatan induktif lebih baik daripada yang mendapatkan pembelajaran biasa berdasarkan tahap kognitif formal awal dan konkret, Terdapat interaksi atara pendekatan induktif dan tahap kognitif siswa dalam peningkatan KPMP matematik, terdapat asosiasi antara: KPM dan KPMP, KPM dan HoM dan tidak ada interaksi antara KPMP dan HoM. Kinerja siswa yang sesuai sintaks pendekatan induktif dapat meningkatkan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematik dan Habits of Mind Siswa.
Tidak tersedia versi lain