Tesis
Peningkatan kemampuan menulis teks puisi dan kepercayaan diri siswa SMK menggunakan pendekatan project based learning (PjBl) berbasis setting model pembelajaran kooperatif tipe WTS (write, talk, share)
Kemampuan menulis puisi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kemampuan pengekspresian perasaan (sedih, senang, gelisah) seseorang (penulis) yang diekspresikan melalui sebuah teks puisi. Penelitian ini mengangkat masalah mengenai kemampuan teks puisi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan teks menulis puisi siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Project Based Learning (PjBL) berbasisrnsetting pembelajaran kooperatif tipe WTS lebih baik daripada yang menggunakan pendekatan Project Based Learning (PjBL) saja, mengetahui kepercayadirian siswa SMK yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Project Based Learning (PjBL) berbasis setting pembelajaran kooperatif tipe WTS lebih baik daripada yang menggunakan pendekatan Project Based Learning (PjBL) saja, apakah terdapat hubungan yang positifrnantara kepercayaan diri dengan kemampuan menulis teks puisi, serta kinerja siswa dalam;rna. implementasi pendekatan pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis setting pembelajaran kooperatif tipe WTS;rn b. menyelesaikan soal-soal pengetahuan kemampuan menulis teks puisi; rnc. menyelesaikan praktik kemampuan menulis teks puisi. rnPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik tes, observasi, angket. Instrumen tes pengetahuan dan praktik digunakan untuk melihat kemampuan menulis teks puisi siswa. Instrumen observasi dan angket dilakukan untuk melihat peningkatan sikap kepercayadirian siswa. Hasil data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan bantuan software IBMrnSPSS Versi 22 dan perhitungan skala likert. Sumber data pada penelitian ini ialah siswa kelas X RPL dan X TP 1 di SMK Bina Kerja Purwakarta, Jawa Barat, Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data uji perbedaan dua rata-rata dan N-Gain, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks puisi siswa SMK yang pembelajarannya menggunakan Project Based Learning (PjBL) berbasis settingrnpembelajaran kooperatif tipe WTS lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran Project Based Learning (PjBL) saja. Kepercayadirian siswa SMK yang pembelajarannyarnmenggunakan pendekatan Project Based Learning (PjBL) berbasis setting pembelajaran kooperatif tipe WTS lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran Project BasedrnLearning (PjBL) saja. Terdapat hubungan posistif antara kepercayadirian dan kemampuan menulis teks puisi siswa SMK.; implementasi pembelajaran dengan pendekatan ProjectrnBased Learning (PjBL) berbasis setting pembelajaran kooperatif tipe WTS (Write, Talk, Share) berjalan sesuai rencana yang telah disusun dalam RPP dan LKS; Implementasirnpembelajaran dengan menggunakan pendekatan Project Based Learning (PjBL) saja berjalan sesuai dengan rencana yang telah disusun dalam RPP; kesulitan yang dihadapirnsiswa dalam menyelesaikan soal pengetahuan menulis teks puisi umumnya yaitu pada indikator menunjukkan komunikasi dalam setiap tulisan puisi; dan kesulitan yangrndihadapi siswa dalam menyelesaikan praktik menulis teks puisi umumnya yaitu pada indikator aspek tipografi.
Tidak tersedia versi lain