Skripsi
PEMBELAJARAN MATERI LINGKARAN PADA SISWA SMP KELAS VIII DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual, bagaimana respon guru dan siswa terhadap pembelajaran kontekstual serta bagaimana kesulitan-kesulitan yang dialami siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMPN 1 Sindangkerta sebanyak 34 siswa pada tahun pelajaran 2019/2020 semester genap. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes tertulis (indikator pembelajaran materi lingkaran dengan indikator pembelajarannya yaitu 1) Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan sudut pusat dan panjang busur lingkaran, 2) Menjelaskan hubungan sudut pusat dengan sudut keliling, 3) Melakukan pengukuran matematika dengan menggunakan keliling lingkaran, 4) Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling lingkaran, 5) Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas juring lingkaran dan 6) Menyelesaikan masalah yang melibatkan keliling lingkaran), serta angket dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa implementasi dan sekenario pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dikelas sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang sudah disiapkan sebelumnya, dimana siswa terlihat lebih aktif, kreatif dan mempu mengkontruksi konsep matematika yang sedang dipelajari. Kemudian respon guru dan siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual sangat baik, serta kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal tes indikator pembelajaran materi lingkaran terdapat pada indikator melakukan pengukuran matematika dengan menggunakan keliling lingkaran.
Tidak tersedia versi lain