Skripsi
KEMAMPUAN LITERASI STATISTIK DAN KESALAHAN SISWA SMP NEGERI DI BANDUNG BARAT PADA SOAL PISA KONTEN UNCERTAINTY AND DATA
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga faktor utama yaitu adanya peranan matematika; adanya peranan hasil evaluasi dan peranan kemampuan literasi statistik, karena masih rendahnya kualitas kemampuan literasi statistik dan masih banyaknya siswa yang melakukan kesalahan yang sama disetiap penyelesaian masalah matematik di jenjang sekolah menengah, sehingga diperlukan analisis lebih lanjut untuk mengatasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana tingkat kemampuan literasi statistik dalam membaca dan memahami data, menginterpretasi data serta mengevaluasi kesimpulan; Kesalahan apa saja yang dilakukan siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat dalam menyelesaikan soal-soal PISA konten Uncertainty and Data; Pada indikator manakah diantara membaca dan memahami data, menginterpretasi data serta mengevaluasi kesimpulan yang memiliki tingkat kesalahan tertinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri di Kabupaten Bandung Barat dengan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII. Dari seluruh SMP Negeri di Kabupaten Bandung Barat dilakukan penarikan sampel kembali sehingga terpilihlah 99 siswa dari tiga sekolah yang berada di tiga kecamatan. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes dan non-tes dengan instrumen tes berbentuk soal uraian sebanyak 9 pertanyaan, sedangkan non-tes dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat kemampuan literasi statistik pada indikator membaca dan memahami memiliki rata-rata skor yaitu 3,90 dengan capaian predikat Sangat Baik. Pada indikator menginterpretasi data memiliki rata-rata skor yaitu 2,04 dengan capaian predikat cukup. Pada indikator mengevalasi kesimpulan memiliki rata-rata yaitu 1,40 dengan capaian predikat Kurang. Kesalahan yang dilakukan siswa pada indikator membaca dan memahami data yang terindikasi adalah Misread Directions Errors, Careless Errors, Concept Errors dan Test Prosedure Errors. Pada indikator menginterpretasi data kesalahan yang terindikasi adalah Concept Errors, Application Errors dan Test Prosedure Errors. Pada indikator Mengevaluasi kesimpulan kesalahan yang terindikasi adalah Concept Errors dan Test Procedure Errors. Dari hasil temuan diperoleh bahwa tipe kesalahan yang dominan terjadi dalam penelitian ini adalah Concept Errors yang teridentifikasi terjadi pada indikator mengevaluasi data.
Tidak tersedia versi lain