Skripsi
PEMBELAJARAN LINGKARAN PADA SISWA SMP KELAS VIII DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN GEOGEBRA
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa pada topik lingkaran, sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran yang dapat membantu dalam mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dalam penelitian ini untuk menelaah gambaran skenario dan implementasi pembelajaran materi lingkaran pada siswa SMP kelas VIII dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan apikasi GeoGebra, menelaah respon guru dan siswa SMP kelas VIII terhadap pembelajaran materi lingkaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan aplikasi GeoGebra, dan menelaah kesulitan-kesulitan yang dialami siswa SMP Kelas VIII dalam menyelesaikan tugas-tugas pada materi lingkaran. Metode penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP IT di Kota Cimahi. Instrumen penelitian ini terdiri dari enam butir soal tentang lingkaran dengan teknik pengolahan data menggunakan microsoft excel 2010. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skenario dan implementasi pembelajaran materi lingkaran pada siswa SMP kelas VII dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan aplikasi Geogebra sudah terlaksana dengan baik sesuai skenario pembelajaran yang telah dirancang. Respon guru dan siswa SMP kelas VII terhadap pembelajran materi lingkaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan aplikasi Geogebra adalah baik Kesulitankesulitan yang dialami siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan tugas-tugas pada materi lingakaran terdapat pada indikator merancang biaya yang diperlukan jika ketahui luas lingkaran dalam permasalahan kehidupan sehari-hari, indikator menilai sudut pusat dan sudut keliling lingkaran, dan indikator menghitung luas juring, dan luas tembereng.
Tidak tersedia versi lain