Skripsi
PEMBELAJARAN MATERI ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA SMP KELAS VII MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN SETTING MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran materi aritmatika sosial pada siswa SMP kelas VII menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), respon guru terhadap pembelajaran, serta kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sempel penelitian 30 orang siswa kelas VII-D disalah satu SMP Negeri yang ada di Kabupaten Bandung Barat. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes dan non tes. Instrumen tes berupa 6 butir soal tes kemampuan aritmatika sosial yang berbentuk uraian, sedangkan instrumen non tes berupa lembar observasi guru dan siswa, angket respon guru dan siswa, serta pedoman wawancara. Data diolah menggunakan Ms. Excel. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran aritmatika sosial menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) telah sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah disiapkan sehingga terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dan mendapat respon yang bagus baik itu dari guru maupun dari siswa. Kemudian melihat hasil tes aritmatika sosial, siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial dengan persentase yang paling banyak adalah kesulitan dalam mentranspormasi soal, kemudian kesulitan melakukan proses penyelesaian dan terakhir kesulitan memahami. Adapun faktor-faktor kesulitan yang dialmi siswa secara berurutan diantaranya adalah malas membaca soal karena terlalu panjang, jarang berlatih operasi bilangan dirumah dan terbiasa menghapal rumus.
Tidak tersedia versi lain