Skripsi
PEMBELAJARAN MANULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL BERBANTUAN MEDIA ICT JENIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA SISWA KELAS X IPS 5 SMAN 4 CIMAHI T.A 2019/2020
Teks negosiasi merupakan teks yang sudah menjadi bagian dari pembelajaran SMA kelas X, dalam teks negosiasi berisikan cara dalam bernegosiasi tidak dalam kegisatan jual beli namun juga dalam kegiatan lain, hal ini membuat siswa merasa kesulitan dalam penyusunan teks negosiasi. Pendidikan yang saat in tidak menjamin siswa belajar meskipun dalam kelas membuat pendidik harus mencari cara lain dalam menyampaikan materi pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diadakan penelitian pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan pendekatan Contetual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media ICT jenis media sosial instagram pada siswa kelas X IPS 5 SMA Negeri 4 Cimahi. Pendekartan Contextual Teaching and Learning (CTL) memiliki 7 prinsip pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam berfikir kritis, dengan berbantuan media ICT jenis media sosial instagram dapat membuat siswa lebih kreatif dalam membuat konten instagram sehingga dalam pembelajaran menjadi lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching an Learning (CTL) berbantuan media ICT jenis media sosial instagram ; (2) respon siswa dan guru terhadap pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media ICT jenis media sosial intagram; (3) kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas X IPS 5 SMA Negeri 4 Cimahi dalam menyelesaikan tugas-tugas teks negosiasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 5 tahun ajaran 2019/2020. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes dan nontes, teknik tes berupa menulis teks negosiasi, sedangkan teknik nontes berupa angket, lembar observasi, dan dokumentasi foto. Dari hasil pengolahan data dapat diambil kesimpulan (1) penerapan pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media ICT jenis media sosial instagram berpengaruh baik pada siswa. Siswa menjadi lebih aktif dan dapat bekerja dalam tim, selain itu dengan media sosial instagram siswa menjadi lebih kreatif dalam membuat konten instagram. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata hasil menulis teks negosiasi sebesar 81, 37. (2) respon guru dan siswa dalam pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan pendekatan Contexxtual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media ICT jenis media sosial instagram yakni baik. Siswa setuju pembelajaran menulis teks negosiasi berbantuan media sosial instagram dapat membuat siswa menjadi lebih kreatif serta membuat suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Selain itu guru juga berpendapat setuju, bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media sosial instagram berpengaruh terhadap pembelajaran siswa, siswa dinilai dapat lebih mengembangkan daya kreativitas serta dapat meningkatkan nilai siswa. (3) kesulitan yang dialami siswa yakni siswa masih belum teliti dalam menggunakan tanda baca dan penggunaan huruf kapital.
Tidak tersedia versi lain