➤

E-Library

  • Beranda
  • Informasi
  • Profil PT
  • Pustakawan
  • Login/Daftar
    Login Anggota Daftar Online Login Admin Absen
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK DENGAN TEKNIK KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI DI KELAS XI SMPN 2 RANCABALI KABUPATEN BANDUNG TAHUN AJARAN 2018-2019

Skripsi

PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK DENGAN TEKNIK KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI DI KELAS XI SMPN 2 RANCABALI KABUPATEN BANDUNG TAHUN AJARAN 2018-2019

Tony Kusnadi - Nama Orang;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Pembelajaran menulis cerpen dengan teknik kooperatif tipe investigasi bertujuan mengatasi masalah siswa yang kesulitan dalam menulis cerpen dan untuk mengetahui perbedaan nilai antara hasil pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 2 Rancabali tahun ajaran 2018/2019 Kabupaten Bandung dengan sampel berjumlah 86 orang. Sampel dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas IX C yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IX A yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan pengolahan data serta pembahasan hasil penelitian yaitu analisis perbandingan hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui tes awal dan tes akhir. Setelah menerapkan metode kooperatif tipe investigasi diperoleh hasil Uji t, yaitu T hitung kelas eksperimen -5,882 > T tabel -2,064 sedangkan T hitung kelas kontrol -4,231 > T tabel 2,064 maka dari kedua kelas tersebut hasil H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan begitu terdapat perbedaan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir. Terbukti dengan perlakuan model kooperatif tipe investigasi adanya peningkatan rata-rata sebesar 31 dari nilai awal yaitu 51 menjadi 82, maka dari itu model yang digunakan peneliti berhasil. Model kooperatif tipe investigasi adalah salah satu alternatif model pembelajaran menulis, khususnya untuk menulis cerpen. Model ini meningkatkan hasil proses belajar mengajar, meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen, mengatasi kesulitan siswa dalam pengembangan ide, menjadi sebuah tulisan yang baik, menjadikan siswa lebih aktif dalam berpendapat dan lebih percaya diri.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi Belum memasukkan lokasi
IKS2413437
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
400 s Kus p
Penerbit
: IKIP SILIWANGI., 2019
Deskripsi Fisik
xiii + 206 hlm,;15 X 20,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9/25/2019
Klasifikasi
400
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Publish
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
https://perpustakaan.ikipsiliwangi.ac.id/
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar


    OPAC LLDIKTI Wilayah 4
    Online Public Access Catalog

    Informasi Lainnya


    Website LLDIKTI Wilayah 4 Informasi Perpustakaan Login Anggota OJS LLDIKTI 4 Pustakawan

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Statistik Pengunjung Web

Seluruh: 2211725

© 2023 — Perpustakaan LLDIKTI Wilayah 4

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Buku
  • Jurnal
  • Majalah
  • Prosiding
  • Skripsi
  • Browse By Color
  • Coming Soon
Icons made by Freepik
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?