Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII DENGAN MODEL DEBAT AKTIF (ACTIVE DEBATE) BERBANTUAN FILM PENDEK
Penelitian ini didasarkan pada kesulitan siswa dalam menulis teks ulasan dikarenakan kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran yang inovatif. Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah skenario dan implementasi, respons guru dan siswa serta kesulitan siswa dalam pembelajaran menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP dengan model debat aktif (active debate). Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengedepankan penggambaran data secara sistematis berdasarkan fakta dan akurat. Data yang dikumpulkan melalui instrumen penelitian, RPP, lembar observasi guru dan siswa, lembar respons guru dan siswa, lembar soal dan pedoman penilaian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Mutiara 4 Bandung. Penelitian ini dilakukan dalam 4 pertemuan. Hasil penelitian membuktikan bahwa aktivitas kegiatan guru dalam pembelajaran memperoleh presentase 96,5% dengan kategori sangat baik. Kemudian untuk hasil presentase aktivitas siswa memperoleh 94,7% dengan kategori sangat baik. Kemudian hasil respons guru pun mendapatkan perolehan presentase yang amat tinggi yakni 92,5% dengan kategori sangat baik. Lain halnya dengan respons siswa yang memperoleh presentase 95%. Adapun kesulitan yang ditemukan dalam pembelajaran menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP dengan model debat aktif (active debate). Kesulitan pertama pada aspek pengetahuan adalah menentukan struktur teks ulasan utamanya pada gambaran umum dan evaluasi. Lain halnya dengan keterampilan, siswa mengalami kesulitan pada aspek kebahasaan dan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI). Masih banyak siswa yang belum menguasai jenis-jenis konjungsi yang ada di dalam teks ulasan. Pada Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) siswa terkendala saat menuliskan tanda baca dan penulisan huruf.
Tidak tersedia versi lain