Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE BERGANTIAN MEDIA VIDEO ANIMASI
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi. Siswa menganggap bahwa menulis teks eksplanasi sangat sulit, terutama pada bagian struktur dan kaidah kebahasaan. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini, yaitu (1) menerapkan skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa SMP dengan menggunakan model pembelajaran example non-example berbantuan media video animasi, (2) melihat respons guru dan siswa SMP terhadap pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model pembelajaran example non-example berbantuan media video animasi, dan (3) menemukan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa SMP dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks eksplanasi. Fokus penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP PGRI 4 Cimahi yang berjumlah 40 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa penggunaan model pembelajaran example non-example berbantuan media video animasi sangat cocok digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Hal ini dibuktikan dengan hasil akhir siswa yang memperoleh nilai rata-rata di atas KKM, yaitu 79,7. Dengan demikian, pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan model example non-example berbantuan media video animasi dapat dikatakan berhasil
Tidak tersedia versi lain