Skripsi
pembelajaran menulis teks puisi dengan menggunakan metode discovery learning berbasis karakter
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh (1) kesulitan siswa saat menulis teks puisi sesuai dengan unsur pembangun puisi (2) penerapan metode pelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran menulis teks puisi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan menulis teks puisi siswa yang menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning model Discovery (penemuan) di kelas eksperimen dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Saintifik di kelas kontrol (2) untuk mengetahui kinerja siswa pada (a) implementasi metode pembelajaran pembelajaran Discovery Learning di kelas eksperimen, (b) implementasi model pembelajaran Saintifik di kelas kontrol, (c) saat menyelesaikan soal-soal atau tugas-tugas untuk mengukur kemampuan menulis teks puisi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dalam bentuk Nonequivalent control grup. Populasi dalam penelitian ini adalah siwa kelas VIII SMPN 3 Cisarua. Pengambilan sampel menggunakan purposive samplingdan diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen siswa dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi RPP, lembar observasi peserta, lembar tes, dan lembar penilaian keterampilan menulis teks puisi. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis teks puisi siswa yang menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning di kelas eksperimen dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Saintifik di kelas kontrol (2a) implementasi metode Discovery Learning di kelas eksperimen berjalan dengan baik, (b) implementasi model pembelajaran Saintifik di kelas kontrol berjalan dengan baik, (c) siswa dapat meningkatkan kemampuan menulis teks puisi sesuai dengan unsur pembangun puisi Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Discovery Learning efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks puisi siswa kelas VIII SMPN 3 Cisarua karena mendapat respon yang baik dari siswa, melatih imajinasi, berpikir kreatif, dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain