Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 CIHAMPELAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE BANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TAHUN AJARAN 2019/2020
Teks fabel merupakan salah satu materi pelajaran bahasa Indonesia yang harus dikuasai siswa. Kemampuan menulis teks fabel sangat diperlukan agar siswa dapat melatih kepekaan dalam menyampaikan ide, gagasan, dan perasaannya terhadap pengalaman pribadi atau lingkungan sekitar yang dituangkan dalam bentuk cerita bertokoh hewan. Akan tetapi, faktanya siswa masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan cerita fabel yang sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaannya. Dengan demikian, guru sebagai fasilitator dan eksekutor pembelajaran di kelas harus berupaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya dengan menerapkan metode picture and picture berbantuan multimedia interaktif dalam pembelajaran teks fabel. Melalui metode picture and picture guru dapat memvisualisasikan isi dan informasi teks fabel dengan jelas melalui gambar yang diurutkan secara logis. Sedangkan multimedia interaktif membantu guru untuk menyajikan materi pembelajaran dengan lebih praktis dan menarik. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan skenario dan implementasi serta respons guru dan siswa terhadap pembelajaran menulis teks fabel dengan metode picture and picture berbantuan multimedia interaktif. Selain itu, akan dipaparkan juga mengenai kesulitan apa saja yang dialami siswa selama mengerjakan tugas menulis teks fabel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-8 SMPN 1 Cihampelas sejumlah 27 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, angket, dan lembar tes berikut pedoman penilaiannya. Hasil penelitian menunjukkan skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks fabel dengan menggunakan metode picture and picture berbantuan multimedia interaktif telah disusun dan diimplementasikan dengan sangat baik dan mendapat persentase nilai 95,34% dalam kegiatan guru dan 94,36% dalam kegiatan siswa. Sementara itu, respons guru dan siswa dikategorikan baik dengan persentase 78% untuk respons guru dan persentase respons siswa mencapai 78,58%, artinya siswa dan guru suka serta menyambut baik pembelajaran yang dilaksanakan. Sedangkan untuk kesulitan-kesulitan yang dialami siswa terjadi pada aspek struktur fabel (resolusi dan koda) dan kebahasaan terutama pada kalimat langsung dan kalimat tidak langsung. Rata-rata hasil tes menunjukkan angka 75,75 yang berarti kemampuan siswa kelas VII-8 SMPN 1 Cihampelas dalam menjawab soal tes keterampilan dan pengetahuan tentang teks fabel dikategorikan baik.
Tidak tersedia versi lain