Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BARU PADA SISWA SISWA SMK KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA ICT
Pembelajaran ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis puisi baru siswa yang tergolong rendah, hal tersebut dapat dilihat pada hasil evaluasi menulis puisi yang tidak sesuai dengan indikator keberhasilan menulis puisi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran menulis puisi baru siswa SMK kelas X dengan menggunakan metode Quantum Learning berbantuan media ICT?; (2) Bagaimana respons guru dan siswa SMK kelas X terhadap pembelajaran menulis puisi baru dengan menggunakan metode Quantum Learning berbantuan media ICT?; (3) Kesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa SMK kelas X dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis puisi baru? Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk menelaah skenario dan implementasi pembelajaran menulis puisi baru siswa SMK kelas X dengan menggunakan metode Quantum Learning berbantuan media ICT. (2) Untuk menelaah respons guru dan siswa SMK kelas X terhadap pembelajaran menulis puisi baru dengan menggunakan metode Quantum Learning berbantuan media ICT. (3) Untuk menelaah kesulitan-kesulitan yang dialami siswa SMK kelas X dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis puisi baru. Metode pembelajaran yang digunakan adalah Quantum Learning berbantuan media ICT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Cimahi dengan sampel seluruh siswa kelas X TOI-B yang berjumlah 35 siswa. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Skenario pembelajaran terdiri dari lima pertemuan yaitu empat kali perlakuan menggunakan metode Quantum Learning dengan langkah-langkah TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi, dan Rayakan) berbantuan media ICT (powtoon dan kahoot) dan satu kali tes, sedangkan hasil implementasi pembelajaran mendapatkan persentase lembar observasi guru dan siswa sebesar 97,5% dan 97,8% serta dapat meningkatkan hasil kemampuan siswa dalam kegiatan menulis puisi baru dengan mendapatkan nilai rata-rata 82; (2) Respons guru dan siswa terhadap pembelajaran menulis puisi baru dengan menggunakan metode Quantum Learning berbantuan media ICT mendapatkan persentase sebesar 81,7% dan 81,2% yang menunjukkan guru dan siswa merespons sangat baik; (3) Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa ditemukan pada permasalahan mengenal unsur-unsur pembangun puisi
Tidak tersedia versi lain