Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN FILM PENDEK PADA SISWA KELAS X SMAS BUNGA BANGSA BANDUNG TAHUN AJARAN 2019/2020
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di dalam proses pembelajaran menulis teks biografi di kelas XMIA Bunga Bangsa Bandung. Permasalahan tersebut yaitu rendahnya minat siswa untuk menulis serta siswa mengalami kesulitan saat menuangkan ide untuk menulis suatu teks biografi. Rumusan masalah dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga, yaitu bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran, bagaimana respon guru dan siswa, kesulitankesulitan apa yang di alami siswa saat menulis teks biografi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X-MIA SMAS Bunga Bangsa Bandung. Berikut adalah hasil penelitian yang telah dilaksanakan. Berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran guru mampu melaksanakan seluruh skenario pembelajaran dengan presentase 68.75% pada kategori baik sedangkan hasil lembar observasi aktivitas siswa yang mampu mengikuti pembelajaran sesuai perintah dengan kategori baik sebanyak 83.33%. Respon yang diberikan guru menyatakan setuju bahwa model pembelajaran yang digunakan membantu siswa lebih aktif untuk belajar dengan persentase 40% pada kategori setuju, sedangan respon siswa menyatakan setuju bahwa model pembelajaran yang digunakan guru dapat menarik minat dan membantu siswa dengan presentase 34%. Hasil analisis kesulitan siswa terdapat 80% siswa mengalami kesulitan saat menulis aspek reorientasi pada struktur teks biografi dan mengalami kesulitaan dalam menggunakan huruf kapital dengan benar sebanyak 66,67% siswa
Tidak tersedia versi lain