Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DINAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW BERBANTUAN VIDEO POWTOON PADA SISWA KELAS VII SMP YPAI RAHAYU
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah dalam pembelajaran menulis yang terjadi di SMP YPAI Rahayu terutama dalam menulis surat dinas. Kemampuan menulis surat dinas pada peserta didik SMP YPAI Rahayu masih rendah dalam hal pengetahuan dan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah sekenario dan implementasi pembelajaran, respon guru dan peserta didik serta kesulitankesulitan yang dialami peserta didik pada saat menulis surat dinas dengan menggunakan metode cooperative learning tipe jigsaw berbantuan video powtoon. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 26 peserta didik kelas VII A SMP YPAI Rahayu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan instrumen penelitian berupa RPP, lembar observasi guru dan peserta didik, serta lembar angket guru dan peserta didik hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, implementasi dan sekenario pembelajaran baik guru maupun peserta didik pada saat menulis surat dinas dengan menggunakan metode cooperative learning tipe jigsaw berbantuan video powtoon berjalan sangat baik dengan presentase 93% kedua, guru memberikan respon sangat baik dengan presentase 70% sedangkan peserta didik memberikan respon sangat baik dengan presentase 90,39% pada pembelajaran menulis surat dinas dengan menggunakan metode cooperative learning tipe jigsaw berbantuan video powtoon. Ketiga, 58,1% peserta didik masih mengalami kesulitan dalam menulis surat dinas terutama dalam hal kebahasaan. Dilihat dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode cooperative learning tipe jigsaw berbantuan video powtoon cocok digunakan dalam pembelajaran menulis surat dinas.
Tidak tersedia versi lain