Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRAMBLE, MEDIA LUKISAN
Penelitian ini didasarkan pada pembelajaran menulis bukan hal yang mudah bagi sebagian siswa dan masih banyak mengalami kesusahan dalam menulis teks eksplanasi. Adanya metode dan media pembelajaran inovatif dapat menunjang keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut 1) Bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran teks eksplanasi dan metode cooperative learning tipe scramble berbantuan media lukisan pada siswa kelas VIII? 2) Bagaimana respons guru dan siswa kelas VIII terhadap pembelajaran menulis teks eksplanasi dan metode cooperative learning tipe scramble berbantuan media lukisan? 3) Kesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa kelas VIII dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks eksplanasi. Tujuan penelitian ini untuk menyusun skenario dan implementasi dari penggunaan metode pembelajaran, tanggapan dari guru maupun siswa terhadap pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan metode cooperative learning tipe scramble berbantuan media lukisan, dan mengetahui kesulitan-kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggambarkan rancangan serta tanggapan dan kesulitan yang ditemukan saat pembelajaran. Subjek penelitian ini, siswa kelas VIII C SMP Mutiara 4 Bandung. Berdasarkan analisis dan pembahasan yang diperoleh, menunjukkan bahwa skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks eksplanasi dan metode cooperative learning tipe scramble berbantuan media lukisan berjalan sebagaimana mestinya tanpa ada hambatan, hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil lembar observasi guru sebanyak 92,6 % dan hasil lembar observasi siswa sebanyak 92,8 % atau kategori sangat baik. Adapun respons guru memiliki persentase sebanyak 85 % atau sangat baik, dan respons siswa sebanyak 76,3 % atau baik. Adapun kesulitan-kesulitan terdapat pada soal pilihan ganda nomor (8) isi informasi dengan persentase 26,82 % dan soal nomor (10) kaidah kebahasaan yaitu konjungsi kausalitas dengan persentase 29, 26 %. Selain itu, pada soal esai kesulitan dalam menulis teks eksplanasi terdapat pada aspek kebahasaan dengan perolehan nilai 127 dengan rata-rata 3,09.
Tidak tersedia versi lain