Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 NGAMPRAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA VIDEO TAHUN AJARAN 2019/2020
Penelitian ini dilatar belakangi akibat rendahnya kemampuan dan minat siswa dalam membuat tulisan terutama menulis teks persuasi. Permasalahan ini dapat terjadi karena beberapa faktor diantaranya faktor dari diri siswa sendiri dan faktor guru yang memiliki peran penting dalam ketercapaian sebuah tujuan pembelajaran. Dari permasalahan tersebut peneliti mencoba mengatasi dengan menumbuhkan minat siswa agar kemampuan dalam menulis teks persuasi dapat meningkat. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks persuasi pada siswa SMP kelas VIII dengan menggunakan model example non example berbantuan media video, (2) Respon guru dan siswa SMP kelas VIII terhadap pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan model example non example berbantuan media video, dan (3) Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks persuasi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Ngamprah yang berjumlah 299 siswa. Sedangkan sample yang diambil peneliti yaitu kelas VIII B sebanyak 27 siswa. Berdasarkan hasilpenelitian ini menunjukan bahwa (1) Hasil skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks persuasi pada siswa SMP kelas VIII dengan menggunakan model example non example berbantuan media video berjalan dengan sangat baik. Hal ini terbukti dari hasil implementasi pembelajaran yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 92,4 %. (2) Hasil respon guru dan siswa SMP kelas VIII terhadap pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan model example non example berbantuan media video memperoleh nilai rata-rata 96,6% dan 95,5%, sehingga respon guru dan siswa termasuk ke dalam kategori sangat baik. Kemudian (3) Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks persuasi yaitu mengenai struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi, serta kesulitan dalam menyusun kalimat yang sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) yang baik dan benar.
Tidak tersedia versi lain