Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS X SMA BUDI LUHUR CIMAHI TAHUN AJARAN 2019/2020
Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya minat siswa dalam keterampilan menulis teks biografi yang disebabkan siswa sulit menuangkan ide gagasan yang ada dalam pikirannya, kurangnya informasi mengenai riwayat hidup seseorang, dan kurangnya membaca yang mengakibatkan tidak menguasai kosa kata. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks biografi pada siswa kelas X dengan menggunakan metode Discovery Learning berbantuan media audiovisual 2) bagaimana respon guru dan siswa terhadap pembelajaran menulis teks biografi pada siswa kelas X dengan menggunakan metode Discovery Learning berbantuan media audiovisual 3) kesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa kelas X dalam menyelesaikan tugas-tugas teks biografi. Tujuan penelitian ini untuk menelaah skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks biografi pada siswa SMA kelas X dengan menggunakan metode Discovery Learning berbantuan media audiovisual, menelaah respon guru dan siswa terhadap pembelajaran menulis teks biografi dengan menggunakan metode Discovery Learning berbantuan media audiovisual, serta menelaah kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks biografi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yang merupakan cara untuk mendapatkan data. Penelitian dapat diketahui bahwa implementasi aktivitas guru dan siswa yang telah diamati oleh observer satu dan observer dua sudah sesuai dengan skenario pembelajaran yang telah dirancang. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas guru mendapatkan nilai 84,8% dengan kriteria sangat tinggi, dan aktivitas siswa mendapatkan nilai 87% dengan kriteria sangat tinggi. Untuk hasil respon guru memperoleh nilai rata-rata 85% dengan kategori sangat tinggi dan hasil respon siswa mendapatkan nilai rata-rata 79% dengan kategori sangat tinggi. Untuk kegiatan siswa secara keseluruhan dalam menulis teks biografi mendapatkan nilai rata-rata 72,71% dapat dikategorikan cukup baik. Namun masih terdapat kesulitan-kesulitan yang dialami siswa berdasarkan nilai pengetahuan siswa kesulitan dalam menentukan kaidah kebahasaan, kemudian dalam nilai keterampilan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan saat menulis teks biografi berdasarkan struktur dan penggunaan ejaan dan tanda baca. Dapat disimpulkan bahwa metode Discovery Learning berbantuan media audiovisual sangat efektif digunakan dalam pembelajaran dan membantu siswa dalam menulis teks biografi.
Tidak tersedia versi lain