Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN PADA SISWA SMA KELAS XI DENGAN MENGGUNAKAN METODE HYPNOTEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL
Penelitian ini dilakukan atas dasar kurangnya pengetahuan, kemamuan dan keterampilan siswa kelas XI SMA Plus Arraudhah Purwakarta pada saat menulis teks cerpen terutama ketika proses mengembangkan imajinasi siswa dan unsurunsur pembangun cerpen yang diberikan. Dalam penelitian ini metode yang dilakukan adalah metode hypnoteaching berbantuan media audiovisual. Penelitian ini memiliki 3 tujuan utama, yaitu 1) Untuk menelaah skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks cerpen siswa SMA kelas XI dengan menggunakan metode hypnoteacing berbantuan media audiovisual. 2) untuk menelaah respon guru dan siswa SMA kelas XI terhadap pembelajaraan menulis teks cerpen berbantuan media audiovisual. 3) untuk menelaah kesulitan-kesulitan yang dialami siswa SMA kelas XI dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks cerpen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jumlah populasi siswa kelas XI SMA Plus Arraudhah Purwakarta sebanyak 25 siswa. Teknik pengumplan data meliputi lembar tes, lembar jawaban, lembar angket, lembar observasi dan RPP. Hasil pengolahan data lembar observasi siswa menggunakan metode hypnoteaching berbantuan media audiovisual memperoleh 97% dan hasil lembar observasi pendidik memperoleh 87% dengan hasil rata-rata memperoleh 92%. Hasil rata-rata pada kelas penlitian tes pilihan ganda, kemampuan dan keterampilan memperoleh 71,1%. Berdasarkan hasil data-data tersebut hipotesis diterima. Kesulitan peserta didik saat mengerjakan soal tes pilihan ganda, kemampuan dan keterampilan mengenai unsur-unsur pembangun cerpen. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks cerpen dengan menggunakan metode hypnoteaching berbantuan media audiovisual dapat menambah serta meningkatkan hasil belajar siswa dan lebih unggul
Tidak tersedia versi lain