Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA SMP KELAS VIII DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS APLIKASI POWTOON
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat siswa dalam pembelajaran menulis, khususnya menulis teks eksplanasi dan kesulitan siswa dalam menulis teks eksplanasi sesuai struktur dan kaidah kebahasaan.Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa SMP Kelas VIII dengan menggunakan metode problem based learning berbasis aplikasi powtoon? (2) Bagaimana respon guru dan siswa SMP Kelas VIII terhadap pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan metode problem based learning berbasis aplikasi powtoon? (3) Kesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks eksplanasi? Subjek penelitian ini siswa kelas VIII G SMP Mutiara 4 Bandung. Teknik dalam pengumpulan data yaitu observasi, angket dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan skenario dan implementasi pembelajaran berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Terbukti dengan perolehan pada lembar observasi guru sebesar 88,33% dengan kategori sangat baik. Dan lembar observasi siswa diperoleh 87,70% dengan kategori sangat baik. Respon guru dan siswa terhadap pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan metode problem based learning berbasis aplikasi powtoon dikategorikan sangat baik, terbukti dengan presentase yang didapatkan pada lembar angket guru sebesar 87,5% dan lembar angket siswa sebesar 94,69%. Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa saat mengerjakan tugas menulis teks eksplanasi pada soal pengetahuan dan keterampilan yaitu kurangnya pemahaman siswa mengenai susunan struktur teks eksplanasi secara tepat, urutan peristiwa dalam teks eksplanasi siswa belum sesuai dengan judul, ejaan bahasa Indonesia yang digunakan masih banyak kekeliruan, seperti penggunaan huruf kapital dan tanda baca, penggunaan kalimat kurang efektif, penulisan yang masih kurang rapi dan terdapat banyak coretan pada lembar jawab siswa. Maka kesimpulannya metode problem based learning b
Tidak tersedia versi lain