PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN METODE THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS VIII UG MTS PERSIS 16 CIPADA
pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan metode think talk write berbantuan media gambar seri pada siswa kelas VIII UG MTs persis 16 Cipada. Pembelajaran menulis yang menjadi salah satu penekanan dalam kurikulum 2013 mengharuskan para pelaku di dunia pendidikan membuat sebuah inovasi dan terobosan untuk menghasilkan pembelajaran menulis yang efektif. Efektivitas pembelajaran menulis akan terlihat melalui keterampilan menulis siswa. Teks eksplanasi yang menjadi bagian dari pembelajaran menulis dalam mata pelajaran bahasa Indonesia tidak luput dari kekurangan yang membuat hasil belajar siswa dalam materi ini belum maksimal. Penggunaan metode think talk write berbantuan media gambar seri diajukan peneliti untuk mengatasi kesullitan dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembahasan teks eksplanasi. Maka perlu diketahui skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan metode think talk write berbantuan media gambar seri, respon guru dan siswa pada pembelajaran menulis teks eksplanasi, dan kesulitan-kesullitan yang dialami oleh siswa pada pebelajaran menulis teks eksplansi dengan metode think talk write berbantuan media gambar seri. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII UG MTs Persis 16 Cipada yang berjumlah 37 orang. Data pada penelitian ini diperoleh melalui lembar angket dan lembar observasi. Dari data yang diperoleh, hasil penelitian menunjukan bahwa metode think talk write berbantuan media gambar seri menunjukan respon yang sangat baik dari guru dan siswa. Kesimpulan tersebut diperoleh dari persentese 87, 5% respon guru pada lembar angket, 89, 71% untuk persentase respon siswa pada pernyataan positif, dan 90,12% untuk persentase respon siswa pada pernyataan negatif
Tidak tersedia versi lain