Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL MENGGUNAKAN METODE THINK TALK WRITE (TTW) BERBASIS CERITA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 3 PARONGPONG
Keterampila menulis merupakan keterampilan yang membutuhkan ketekunan dan kreativitas. Peserta didik harus menguasai struktur dan kaidah kebahasaan teks yang ingin ditulis sehingga dapat menyampaikan ide/gagasannya secara sistematis dan logis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh (1) kesulitan siswa saat menulis teks fabel sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan (2) penerapan metode Think Talk Write (TTW) berbasis cerita bergambar dalam pembelajaran menulis teks fabel. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) skenario pembelajaran dan implementasi pembelajaran menulis teks fabel, (2) Respon guru dan dan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Parongpong terhadap pembelajaran menulis Teks Fabel, dan (3) Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa saat mengerjakan tugas menulis teks fabel. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kelas VII B SMP Negeri 3 Parongpong yang berjumlah 29 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi RPP, Skenario Pembelajaran, lembar observasi peserta didik, wawancara guru, lembar angket siswa, lembar tes, dan lembar penilaian keterampilan menulis teks fabel. Hasil penelitian menunjukkan (1) Berdasarkan skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks fabel menggunakan metode Think Talk Wite (TTW) berbasis cerita bergambar berjalan sangat baik, (2) respon siswa dan guru terhadap pembelajaran menulis teks fabel dengan menggunakan metode Think Talk Write (TTW) berbasis cerita bergambar merupakan pembelajaran menarik, efektif, menyenangkan, dan dapat meningkatkan minat serta motivasi belajar, dan (3) kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik saat mengerjakan tugas-tugas menulis teks fabel terdapat pada aspek kebahasaan dan ejaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Think Talk Write (TTW) berbasis cerita bergambar cukup cocok digunakan dalam pembelajaran menulis teks fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Parongpong karena mendapat respon yang baik dari guru dan siswa, pembelajaran menarik, efektif, menyenangkan, dan dapat meningkatkan minat serta motivasi belajar peserta didik, meskipun belum dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan karena nilai rata-rata di bawah KKM.
Tidak tersedia versi lain