Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA SMA NEGERI 1 TELAGASARI KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI
Berdasarkan hasil observasi keterampilan menulis masih sangat rendah, siswa menganggap bahwa menulis sangat sulit terutama dalam kegiatan menulis teks negosiasi, padahal menulis teks negosiasi adalah salah satu materi yang harus dikuasi oleh setiap siswa. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut 1) Bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks negosiasi pada siswa SMA Negeri 1 Telagasari kelas X dengan model picture and picture berbantuan media video animasi? 2) Bagaimana respon guru dan siswa SMA Negeri 1 Telagasari kelas X terhadap pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan model picture and picture berbantuan media video animasi? 3) Kesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa SMA Negeri 1 Telagasari kelas X dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks negosiasi? Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks negosiasi pada siswa SMA Negeri 1 Telagasari kelas X dengan model picture and picture berbantuan media video animasi. 2) Untuk mengetahu respon guru dan siswa SMA Negeri 1 Telagasari kelas X terhadap pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan model picture and picture berbantuan media video animasi. 3) Untuk mengetahui kesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa SMA Negeri 1 Telagasari kelas X dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks negosiasi. Metode yang penulis gunakan adalah metode deksriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Telagasari dengan sampel seluruh siswa kelas X MIPA 3 dengan berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa penggunaan model pembelajaran picture and picture dengan berbantuan media video animasi dapat meningkatkan hasil kemampuan siswa dalam kegiatan menulis teks negosiasi. Hal ini terbukti bahwa kegiatan menulis teks negosiasi memperoleh nilai rata-rata 76,6%, oleh karena itu, pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan model picture and picture berbantuan media video animasi dapat dikatakan berhasil dalam penelitian. Sebab, pembelajaran tersebut mendapatkan nilai rata-rata di atas KKM.
Tidak tersedia versi lain