Skripsi
PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PROGRAM KELOMPOK BELAJAR PAKET B DI PKBM, DESA JAYAGIRI KEC. LEMBANG KBB
Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang masih kurangnya peran tutor dalam meningkatkan keberhasilan program Kelompok Belajar Paket B di PKBM Desa Jayagiri Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Tujuan penelitian adalah : 1. Untuk mengetahui tentang peranan Tutor Kejar Paket B dalam keberhasilan Program Kejar Paket B. 2. Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yan harus dimiliki tutor untuk mencapai keberhasilan warga belajar. 3. Untuk mengungkap faktor-faktor penghambat kegiatan tutor dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Landasan teori dan konsep antara lain : hakekat pendidikan luar sekolah, hakekat program paket B, konsep tutor, peranan tutor paket B, hakekat belajar, faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar, bentuk-bentuk program kejar paket B, sarana belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif hal ini dilakukan dengan masalah yang diteliti merupakan masalah yang ada pada masa sekarang yang sedang dihadapi, teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Objek penelitian 10 orang. Hasil penelitian dan temuan, bahwa peranan tutor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar sangat menentukan dalam keberhasilan warga belajar. Dalam hal ini ternyata harus ditunjang dengan persyaratan – persyaratan antara lain, faktor pendidikan, syarat minimal pendidikan tutor minimal SLTA sederajat, dan di Kecamatan Lembang minimal SLTA, hal ini sebagai dasar yang harus dimiliki tutor. Mengidentifikasi kegiatan warga belajar penguasaan materi dan penguasaan kurikulum, menyiapkan program belajar, menyiapkan bahan dan melaksanakan kegiatan dan penilaian dapat dikatakan telah dikuasai oleh tutor dengan demikian keberhasilan warga belajar tutor ditentukan oleh tutor. Peran tutor tidak terbatas pada kegiatan belajar mengajar saja, atau dengan kata lain tidak hanya sekedar mentransper ilmu pengetahuan tetapi lebih dari itu. Disamping harus membuat program, sebagai sumber belajar sebagai evaluator juga sebagai motivtor. Faktor-faktor penghambat kegiatan tutor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, sebagaimana yang dihadapi oleh tutor antara lain, kurangnya minat warga belajar dapat menghambat kegiatan dapat dirasakan oleh tutor bahwa banyak tugas-tugas yang membutuhkan pengabdian dan keikhlasan (pada batas-batas tertentu), kurangnya sarana belajar yang ada juga dapat menghambat kelancaran PMB. Kesimpulan, peranan tutor sangat penting karena tidak terbatas pada mengajar dan mengevaluasi warga belajar, kehadiran warga belajar juga sangat menentukan keberhasilan belajar. Ketidak hadiran warga belajar ada disebabkan karena terpaksa harus bekerja/membantu mencari nafkah, karena pada umumnya dari keluarga tidak mampu. Dampak yang diperoleh, dengan adanya motivasi dan bimbingan dari tutor sebagai suatu peranan untuk meningkatkan keberhasilan program kejar paket B kegiatan belajar dapat berjalan lancar dan dapat terpecahkannya permasalahan yang ada dalam penyelenggaraan kejar paket B.
Tidak tersedia versi lain