Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN POTENSI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) MELALUI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DI DESA MEKARWANGI KECAMATAN LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT
Penelitian ini mengangkat permasalahan masyarakat/orang tua kurang memahami dalam Meningkatkan Potensi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui Proses Pengembangan Pembelajaran di Desa Mekarwangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Tujuan penelitian adalah : 1. Untuk memperoleh data mengenai proses pembelajaran anak usia dini di Kelompok PAUD Desa Mekarwangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. 2. Untuk memperoleh data mengenai strategi/ pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran anak usia dini di Kelompok PAUD Desa Mekarwangi. 3. Untuk memperoleh data mengenai aspek pengembangan PAUD sebagai hasil proses pembelajaran dalam meningkatkan potensi anak di Kelompok PAUD Desa Mekarwangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Landasan teori dan konsep antara lain, kegiatan proses pembelajaran dalam pendidikan luar sekolah, kelompok bermain sebagai salah satu bentuk pendidikan luar sekolah, pendidikan anak usia dini, konsep pendidikan luar sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif hal ini dilakukan dengan masalah yang diteliti merupakan masalah yang ada pada masa sekarang yang sedang dihadapi, teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Objek penelitian 20 orang. Hasil penelitian dan temuan : perhatian ibu-ibu warga belajar terhadap materi yang diberikan pada proses pembelajaran kurang memperhatikan, sedangkan peranan ibu-ibu sebagai orang tua warga belajar sangat penting untuk keberhasilan perkembangan Play Group. Dengan demikian penulis merasa perlu untuk memberikan saran bahwa sebaiknya materi yang disampaikan setiap pertemuan harus diketahui juga oleh ibu-ibu warga belajar. Kesimpulan pembelajaran dan aspek pengembangan PAUD dalam meningkatkan potensi anak ini secara umum dapat dikatakan sudah terlaksana dengan baik. Play group sebagai wadah untuk mengembangkan potensi anak telah berusaha sesuai dengan kemampuannya untuk membantu kelancaran proses belajar mengajar agar warga belajar dapat mengembangkan minat dan bakatnya sesuai dengan perkembangan usianya, sehingga tujuan akhir pembelajaran tercapai. Adanya GBPP Play Group sebagai acuan dalam kegiatan belajar mengajar yang bersifat terbuka, dalam arti tutor boleh menambah atau mengurangi tema pelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi warga belajar selama tidak bertentangan dengan tujuan serta isi GBPP. Dampak yang diperoleh, didapatkan data bahwa tingkat pendidikan ibu-ibu warga belajar hampir semuanya sudah memadai dan latar belakang pendidikan tersebut sedikit banyak mempengaruhi akan pentingnya kebutuhan belajar bagi anak-anaknya. Selain itu juga sangat mendukung apabila suatu kelompok ibu-ibu dengan suatu keterampilan, sehingga kebutuhan belajar anak seiring dengan kebutuhan belajar orang tua/ibu.
Tidak tersedia versi lain