Skripsi
PEMEBELAJRAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA SMP BUANA PANCA BAKTI KELAS VIII MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBASIS VIDEO ANIMASI
Penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya peserta didik menengah pertama yang masih rendah-rendah nilainya dan kesulitan untuk membuat sebuah teks eksplanasi dan ringkasan teks eksplanasi sesuai struktur dan kaidah teks tersebut karena pengajar masih menggunakan model atau metode pembelajaran yang tidak terbarukan dan tidak di bantu oleh model atau metode serta media yang lain supaya membantu memotivasi siswa agar bisa menguasai pelajaran yang di ajarkan. Oleh karena itu perlu adanya model atau metode pembelajaran serta media pembelajaran yang tepat untuk membuat peserta didik lebih antusias dalam aktivitas pembelajaran keterampilan menulis. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu mendeskripsikan implementasi penggunaan metode cooperative integrated Reading and composition berbasis video animasi pada pembelajaran menulis teks eksplanasi dan ringkasan teks eksplanasi sesuai kompetensi dasar dan kompetensi inti yang dipilih oleh peneliti. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif serta teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII dengan jumlah 27 peserta didik. Implementasi dari metode cooperative integrated reading and composition berbasis video animasi mampu membangun imajinasi dan kreatifitas peserta didik dalam mencari gagasan dari setiap teks eksplanasi yang dibaca dan didengar. Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah diperoleh dapat dilihat dari hasil tes, kelas yang mendapat perlakuan dengan metode cooperative integrated reading and composition berbasis video animasi memiliki hasil signifikan. Metode ini juga baik di gunakan oleh guru atau pemandu lainnya untuk mendapatkan pengalaman pembelajaran kreatif.
Tidak tersedia versi lain