Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA SMPN9 CIMAHI KELAS VIII DENGAN MENGGUNAKAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN AUDIO VISUAL
Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana implementasi dan skenario pembelajaran menulis teks persuasi pada siswa SMPN9 Cimahi Kelas VIII dengan menggunakan metode STAD berbantuan Audio Visual? 2) Bagaimana respon guru dan siswa SMPN9 Cimahi Kelas VIII terhadap pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan metode STAD berbantuan Audio Visual? 3) Kesulitan-kesulitan apa yang dialami oleh siswa SMPN9 Kelas VIII dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks persuasi? Sesuai dengan rumusan masalah penelitian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mengetahui keefektipan dalam skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks teks persuasi siswa SMPN9 Cimahi Kelas VIII menggunakan metode STAD berbantuan audio Visual 2) Respon guru dan siswa SMPN9 Cimahi Kelas VIII terhadap pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan metode STAD berbantuan Audio Visual 3) Kesulitan-kesulitan apa yang dialami oleh siswa SMPN9 Cimahi Kelas VIII dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks persuasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tes, lembar observasi, penyusunan skenario pembelajaran dan penyebaran angket. Tes yang digunakan dalam penelitian, yaitu tes pengetahuan dan tes keterampilan menulis teks persuasi sesudah diberikan metode STAD. Penelitian ini penulis menggunakan populasi siswa kelas VIII L yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan metode STAD berbantuan Audio Visual, siswa sangat baik mengikuti proses pembelajaran menulis teks persuasi dengan presentase 99%. Respon guru dan siswa terhadap pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan metode STAD berbantuan audio Visual sangat baik siswa mengikuti proses pembelajaran menulis tek persuasi dengan presentase 89%. Terdapat kesulitan-kesulitan yang dialami siswa, yaitu kebahasaan dan penggunaan ejaan dalam menulis teks persuai. Dengan demikian, metode STAD sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran menulis teks persuasi dengan berbantuan media Audio Visual.
Tidak tersedia versi lain