Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) BERBASIS KEARIFAN LOKAL JENIS BONEKA TANGAN PADA SISWA KELAS X EIN A DI SMK TI PEMBANGUNAN
Latar belakang penelitian ini, yaitu kurangnya minat dan motivasi menulis. Siswa bingung atau kesulitan saat memulai tulisan dan sulit merangkai kata-kata ke dalam tulisan. Sehubungan dengan hal tersebut, peneliti tertarik melakukan penelitian pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan model think talk write berbasis kearifan lokal jenis boneka tangan pada siswa kelas X di SMK TI Pembangunan Cimahi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan model think talk write berbasis kearifan lokal jenis boneka tangan, respons guru dan siswa terhadap pembelajaran menulis teks negosiasi, serta kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas X di SMK TI Pembangunan Cimahi dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks negosiasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X EIN A SMK TI Pembangunan Cimahi. Dalam pengumpulan data digunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa hasil menulis teks negosiasi, sedangkan teknik non tes berupa angket, lembar observasi dan dokumentasi foto. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan (1) penerapan pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan model think talk write berbasis kearifan lokal jenis boneka tangann yaitu berpengaruh baik; (2) respons guru dan siswa dalam pembelajaran menulis teks negosiasi berbasis kearifan lokal jenis boneka tangan yakni sangat baik. Selain itu, guru pun berpendapat sama yakni setuju bahwa metode think talk write berbasis kearifan lokal ini sangat menambah kreatif siswa; (3) kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan tugas menulis teks negosiasi yaitu pada soal pengetahuan mengenai analisis struktur “pengajuan†dan soal keterampilan mengenai ciri kebahasaan dan PUEBI.
Tidak tersedia versi lain